7 Alasan Kamu Harus Memulai Bisnis Online!

20150630172155-money-online-computer-work-home-office-lunch-multitask

Ada banyak anggapan tentang mengembangkan bisnis online. Jenis bisnis yang sedang populer satu ini sering juga dianggap dengan mengubah bisnis offlinemu ke dalam internet. Ada yang bilang bisnis online adalah hal yang rumit dan terlalu beresiko. Ada banyak lagi anggapan yang merasa kerja kantoran lebih ‘aman’ daripada menjajal peruntungan melalui bisnis online. Namun berikut ini kami akan mencoba memberikan beberapa hal menarik yang bisa dijadikan alasan baik untuk mulai berjualan (dan menjalankan bisnismu) secara online.

  1. Imej Perusahaan Meskipun imej perusahaan tidak cukup dibentuk hanya dengan membuat website dan mulai berjualan online, tapi imej perusahaan menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan. Tanpa adanya website atau kehadiran online dari brandmu, calon klien mungkin akan bertanya-tanya akan keseriusanmu dalam berbisnis. Di jaman serba digital saat ini, semua perusahaan mulai dari yang berskala kecil hingga enterprise mulai mempertimbangkan pentingnya kehadiran brand mereka di dunia maya.
  1. Available Sepanjang Waktu Bayangkan restoran makanan cepat saji, supermarket dan SPBU bahkan mampu menyediakan jasa mereka selama 24 jam non-stop, hampir semua bisnis offline bahkan saat ini mampu melakukan hal tersebut. Apalagi jika kamu menjalankan bisnis online, tidak ada yang tidak mungkin. Kecuali jika tidak ada koneksi internet. Keuntungan utama dari menjalankan website e-commerce adalah, klien dan calon konsumenmu bisa mengetahui semua hal tentang produkmu dan mengorder kapan saja – siang maupun malam. Pada hari biasa maupun tanggal merah sekalipun. Bayangkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari sana.
  1. Pelayanan Konsumen yang Lebih Baik Melalui internet kamu bisa menjawab pertanyaan, memberikan diskon dan memecahkan masalah yang dihadapi konsumen – semua tanpa harus mengganggu aktivitasmu. Membuat video, deskripsi produk ataupun FAQ (frequently asked question) cukup satu kali dilakukan, dan kamu bisa menggiring klien ke informasi tersebut hingga kapanpun. Tak hanya bisa menghemat waktu, kamu juga bisa memberikan layanan yang lebih baik. Informasi yang detail biasanya dibutuhkan calon konsumen ketika:
  • Sebelum membuat keputusan pembelian
  • Ketika menghadapi masalah pada produk/jasa yang dibeli

Dengan adanya media online kamu bisa memberikan informasi terakurat yang mereka butuhkan, dan inginkan. Dengan begini penjualan juga bisa semakin meningkat

  1. Biaya Operasional Minimal Memulai bisnis online berarti kamu bisa menghemat biaya. Kamu tidak perlu gedung kantor yang harus dibangun, kendaraan yang harus dibeli dan pegawai yang dipekerjakan. Cukup membuat website dan mulai bisnismu. Jika kamu sudah berjualan offline maka transisisnya akan sangat mulus. Kamu hanya tinggal melanjutkan menjual produk yang sama, yang sudah kamu kuasai dan memiliki stoknya. Membangun bisnis online dapat memberikanmu peluang konsumen yang lebih luas.

Dengan berbagai kemudahan yang diciptakan saat ini kamu bisa membuat website dengan mudah dan murah. Bahkan beberapa perusahaan web hosting menawarkan tools membuat website secara cuma-Cuma. Dengan WordPress kamu bahkan bisa mendesain situsmu sendiri dan melakukannya dengan (hampir) tidak ada coding sama sekali.

  1. Internet Khusus untuk Mempermudah Penjualan Keuntungan dari internet adalah cukup dengan sekali klik, konsumen akan dengan mudah menemukanmu. Melalui internet kamu sekarang bisa mengedukasi, menginstruksi dan menyelesaikan masalah konsumen. Kamu bisa menerima order, pembayaran dan menerima semua itu langsung ke kotak masukmu.
  1. Hidup di Mana Saja Menjalankan bisnis online membuatmu bisa memilih dengan bebas lokasi kerja dan tempat tinggal sesuai keinginanmu. Selama kamu dibekali koneksi internet yang solid kamu bisa hidup di manapun dan menjalankan bisnismu dari mana saja. Banyak perusahaan online yang berbasis di suatu negara, sedangkan hostingnya di Benua lain sedangkan pabriknya di benua lain lagi. Kamu bisa memilih kota atau negara dengan biaya hidup yang rendah sembari tetap menjalankan bisnis dengan aman.
  1. Target ke Pasar Global Jika dalam toko offline kamu dibatasi dengan jumlah orang yang bisa mengunjungi tokomu pada suatu waktu, berbeda dengan bisnis online. Melalui website dan hosting yang baik, kamu bisa memiliki ribuan, bahkan sepuluh ribu orang sekaligus mengunjungi toko onlinemu. Bayangkan potensi tersebut untuk perusahaanu, jika kamu bisa mengekspos produk dan jasamu dengan maksimal kepada orang-orang (tak terbatas) yang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Memiliki ribuan visitor dan benar-benar memiliki mereka adalah kedua hal yang berbeda. Kesuksesan bisnis online bergantung pada hal yang sama dengan bisnis offline marketing. Pelajari bagaimana cara untuk meningkatkan traffic. Marketing konten adalah cara terbaik untuk meningkatkan traffic ke situs/ toko online. Social media juga mampu menjadi tools yang powerful dan murah (bahkan gratis) untuk menjaring calon konsumen potensial menuju websitemu.

Ayo mulai bisnis onlinemu sekarang dengan bikin tokomu sendiri di Jejualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *