Apa itu Webinar?

webnar

Berikut cara webinar mengubah jalan yang kita coba hubungkan dan pelajari

Dengan teknologi internet, kita memiliki kemungkinan untuk terhubung secara nyata dengan orang-orang dari seluruh dunia kapan pun kita inginkan.

Platform mengobrol melalui video seperti Skype atau Google Plus baik chat individu dan grup yang santai, namun untuk acara profesional bermaksud menyampaikan presentasi kepada khalayak yang lebih besar. Webinar cenderung menjadi media pilihan, siapa pun dapat menghost webinar atau menontonnya. Jelajahi apa itu webinar sebenarnya dan bagaimana orang menggunakannya sekarang.

  • Apakah Webinar Tepat?

Webinar adalah konferensi video berbasis web yang menggunakan internet untuk menghubungkan individu yang menggunakan webinar ke audiens dan pendengar dari seluruh dunia. Host dapat menunjukkan diri mereka berbicara, beralih ke pekerjaan mereka bahkan mengundang orang dari lokasi lain untuk menjadi tuan rumah atas webinar bersama.

Terdapat fitur interaktif yang bisa digunakan penonton untuk bertanya dan mengobrol dengan host. Banyak orang yang menghost webinar termasuk sesi tanya jawab di akhir untuk menjawab pertanyaan pemirsa.

  • Alasan Harus Host atau Tune ke Webinar

Profesional menggunakan webinar untuk memberikan presentasi yang mendidik terkait dengan bisnis dan terhubung dengan audiens dengan cara lebih dekat. Hal ini bisa menjadi webinar di mana seseorang hanya menyelenggarakan kuliah atau seminar untuk mengajarkan sesuatu atau presentasi promosi untuk menjual produk.

Webinar juga alat yang berguna untuk melakukan wawancara langsung dengan profesional lain, seringkali merupakan aspek yang menarik lebih banyak orang untuk menghadirinya.Jika Anda ingin mempelajari sesuatu tentang topik tertentu, webinar adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan pengetahuan Anda dengan belajar langsung dari para pakar.

  • Menyetel ke Webinar

Bergantung pada layanan yang digunakan host, Anda mungkin perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu untuk mengakses webinar. Beberapa host juga meminta Anda untuk memesan dengan mengklik link pada invitation di terutama jika webinar hanya memberikan tempat audiens terbatas.

Banyak host mengirimkan setidaknya satu email dalam satu jam atau beberapa menit sebelum webinar akan ditayangkan. Beberapa host mengantarkan dua webinar dengan presentasi yang sama untuk melayani khalayak terutama jika berasal dari seluruh dunia dalam zona waktu yang berbeda.

Bila sudah waktunya untuk mendengarkan, audiens harus call seperti membuat panggilan telepon untuk mengakses webinar. Biasanya sering diberi tautan khusus atau kata sandi oleh host webinar untuk masuk. Untuk beberapa webinar, bahkan ada pilihan untuk menelepon melalui telepon untuk mendengarkan. Beberapa host juga akan memberi audiens akses ke pemutaran ulang webinar jika tidak dapat menghadiri sesi live.

  • Fitur Webinar

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan webinar yaitu:

Tampilan slide: Anda dapat menampilkan presentasi slideshow menggunakan MS PowerPoint atau Keynote Apple seperti yang Anda lakukan di kelas reguler, ruang pertemuan atau ruang kuliah.

Streaming video: Tampilkan video yang tersimpan di komputer Anda atau ditemukan secara online seperti di YouTube.

Bicaralah dengan audiens Anda: Webinar menggunakan VoIP untuk melakukan komunikasi audio real-time.

Catat semuanya: Webinar sering memberi pilihan bagi tuan rumah untuk merekam seluruh presentasi termasuk semua visual dan audio.

Edit: Tuan rumah sering dapat menggunakan mouse mereka untuk membuat anotasi, menonjolkan hal-hal atau membuat tanda di layar.

Obrolan: Tuan rumah dapat membuka kotak obrolan untuk mengobrol dengan pemirsa, yang sangat membantu anggota audiens yang ingin mengajukan pertanyaan.

Lakukan survei dan cari pendapat: Beberapa penyedia webinar menawarkan kemampuan untuk audiens yang menjajaki pendapat kepada anggota audiens berupa kuis atau survei.

  • Hosting Webinar Anda Sendiri

Jika Anda ingin meng-host webinar Anda sendiri, Anda harus memilih penyedia layanan webinar. Biasanya tidak bebas untuk digunakan dalam jangka panjang, namun kebanyakan dari mereka menawarkan masa percobaan gratis selama 30 hari atau lebih.

  • Penyedia Layanan Webinar

Berikut adalah tiga penyedia layanan webinar populer yang digunakan antara lain:

GoToWebinar: Banyak profesional menggunakan ini sebagai salah satu platform webinar terpopuler saat ini. Anda bisa memulai GoToWebinar dengan uji coba gratis 30 hari atau seharga 89 dolar per bulan dengan maksimal 100 peserta.

AnyMeeting: AnyMeeting adalah pilihan platform webinar populer lain dan sedikit lebih murah daripada GoToWebinar hanya dengan 78 dolar per bulan untuk maksimal 100 peserta setelah masa uji coba gratis habis. Ada pilihan berbagi layar yang hebat, integrasi media sosial, dan berbagai alat manajemen juga.

Zoom: Zoom benar-benar gratis untuk 50 peserta dan 40 menit. Layanan ini terukur harganya tergantung pada berapa banyak tempat yang Anda inginkan dan mulai serendah 55 dolar per bulan.

Anda bisa cari tahu selengkapnya soal hosting murah di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *