Apakah Lokasi VPS Memengaruhi Performa Web? Ini Pembahasannya!

computer-detail

VPS server, menjadi sebuah pilihan yang paling disukai server hosting, karena dilengkapi ke ruang yang memadai, kecepatan, dan keamanan dengan harga terjangkau. Ini membuktikan bahwa, VPS ini dapat digunakan oleh usaha kecil dan menengah. Namun, bagi pengusaha pemulai penyedia VPS layanan hosting perlu mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, apakah Windows atau Linux VPS hosting dapat pergi, kebutuhan bandwidth, RAM, ruang disk, dan memilih lokasi server.

Salah jika kamu berpikir lokasi server tidak penting. Karena secara signifikan ini dapat mempengaruhi kinerja server dalam beberapa cara, maka baca terus lokasi VPS.

Mengapa Lokasi VPS Penting?

Berikut beberapa alasan mengapa lokasi server virtual swasta penting:

  • Kecepatan Jaringan

Jika server virtual private terletak di negara asing, ini akan memperlambat kecepatan jaringan sebagai traffic internet di negara prioritas utama daripada koneksi asing. Hal ini akan menyebabkan pengguna mengalami loading lambat pada page, kesalahan, dan pesan timeout. Ini menjadi pilihan yang baik untuk memanfaatkan penyedia VPS dengan layanan CDN Internasional dan infrastruktur jaringan hosting terbesar.

  • Biaya Faktor

Biaya jasa VPS ditentukan berdasarkan lokasi. Alasannya, karena server memerlukan pemeliharaan di lingkungan yang dingin. Untuk memastikan bahwa VPS berfungsi efisien dan sistem pendinginan high-end di pusat data mengirimkan tagihan listrik.

Biaya listrik ini akan disesuaikan dalam biaya jasa, sehingga membuat harga layanan yang tinggi. Namun, jika pusat data terletak di tempat dingin, mungkin tagihan listrik akan diabaikan dan harga layanan relative rendah.

  • Hasil SEO

Lokasi website merupakan aspek penting, sebab berada di mesin pencari Google untuk membangun peringkat pencarian. Misalnya, jika pencarian dimulai dari dari AS, maka situs AS menjadi peringkat pertama. Dalam hal ini, kesempatanmu untuk menjadi nomor satu di mesin pencarian tidak dapat ditentukan, jika situsmu diselenggarakan di negara lain. Padahal, masalah ini dapat diperbaiki dengan memilih negara tujuan utama di akun Google Webmaster Tools.

  • Dukungan Pelanggan

Ini penting karena untuk memastikan bahwa layanan dukungan pelanggan tersedia ketika kamu membutuhkannya. Ini tidak bisa diprediksi kapan masalah teknis muncul. Jika server virtual berada di negara dengan zona waktu yang berbeda, mungkin kamu tidak dapat menjangkaunya, karena adanya perbedaan zona waktu. Dalam kasus ni provider akan menawarkan dukungan 24×7 untuk klien.

  • Bahasa

Pidato atau bahasa di setiap negara akan berbeda. Jika VPS host di negara asing, kamu harus memastikan bahwa kontak dukungan tersedia dalam bahasa yang bisa dimengerti.

Jika faktor kecepatan jaringan SEO, seperti dukungan biaya dan bahasa tidak berdampak dalam kasusmu, maka kamu bisa mengabaikan lokasi VPS. Sekarang kamu tahu lokasi fisik dari hal server virtual akan bermuara dan mengambil faktor ini. ini akan dipertimbangkan saat memutuskan lokasi fisik server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *