Apakah Semua Pemikiran Anda Tentang Media Sosial ROI Salah?

return on investment

Ketika terjun ke pemasaran, mengukur kembalinya investasi waktu dan uang adalah praktik terbaik. Kemungkinan Anda berpikir (atau seseorang sangat percaya) bahwa ketika terjun ke pemasaran media sosial, tidak ada ROI yang nyata. Inilah mengapa garis pemikiran menjadi salah.

Banyak orang, awal melihat media sosial sebagai metode lain untuk akuisisi pelanggan. Apa mereka gagal untuk fokus pada cara membantu retensi pelanggan dan loyalitas. Metrik tidaklah mudah untuk mengukur.  Namun, apakah itu berarti kita dapat menulis dengan mendapatkan pengembalian dari strategi media sosial?

Dimanakah Mitos ROI Media Sosial Dimulai?

Sekitar 2011, pemasar benar-benar mulai memasukkan media sosial menjadi bagian dari strategi mereka secara keseluruhan. Saat itulah beberapa pemasar mengklaim tidak ada ROI. Copyblogger Media CFO, Sean Jackson mengatakan, “media sosial pemasaran tidak akan pernah menghasilkan ROI.”

Dia memiliki titik : apa tujuan membangun strategi pemasaran jika tidak ada pengembalian investasi?

Pemasar dapat dengan mudah memberi harga pada peningkatan konversi atau penurunan biaya. Hal yang rumit adalah mengidentifikasi nilai pemasaran media sosial di luar dolar. Sulit untuk mengukur nilai dan membangun hubungan.

Namun, berpikir adanya nol ROI dalam pemasaran media sosial adalah ide yang berbahaya untuk dipegang. Media sosial terus tumbuh dan matang, serta mengukur kembali investasi yang tidak lagi opsional.

Metrik Sukses di Luar Tradisional ROI

Media sosial memiliki ROI yang berbeda dari daerah pemasaran lain. Sejak strategi media sosial yang efektif tidak perlu anggaran besar. Jika anggaran keseluruhan menjadi efektif, hal itu akan sulit untuk menentukan investasi yang terukur.

Bagi kebanyakan, kembali menginvestasikan waktu dan uang diukur dalam dolar. Rumus sederhana untuk mengukur ROI (dinyatakan sebagai persentase) terlihat seperti ini:

Picture2

Rumus untuk mencari laba atas media sosial Anda tidak jauh berbeda dari pengukuran media tradisional. Uang yang dihasilkan melalui media sosial dikurangkan dari investasi waktu, anggaran iklan, orang, dan teknologi Anda kembali.

Realitas Investasi di Media Sosial

Ketika ingin mengukur kembalinya hasil pemasaran media sosial merupakan hal masuk akal. Jika bisnis Anda menempatkan semua waktu, tenaga, dan perhatian dalam pemasaran media sosial, maka Anda ingin melihat beberapa penjualan atau konversi sebagai hasilnya. Kenyataannya mengukur sosial ROI pemasaran media Anda adalah hal penting.

Mendapatkan laba atas investasi Anda tidak hanya berfokus pada angka dan matematika. Hal ini tentang uang; uang yang diperoleh, atau uang simpan. Kedua cara yang Anda bisa dapatkan kembali media sosial strategi investasi Anda.

Jika Anda membaca Media Sosial ROI Cookbook, Anda akan menemukan survei mereka yang merinci apa manfaat terbesar untuk mengukur kembalinya investasi mereka dalam strategi media sosial. Berikut grafik yang menunjukkan manfaat terbesar untuk melacak ROI media sosial:Picture1

Metode untuk Mengukur ROI  Anda dalam Upaya Pemasaran Media Sosial

Ada empat bidang metrik utama untuk mengukur ROI Anda dalam strategi pemasaran media sosial:

Paparan: Kunjungan, melihat, pengikut, penggemar, pelanggan, menyebutkan merk, klik-through. Paparan menggunakan media sosial dapat mengekspos pesan Anda dan konten untuk pelanggan saat ini/ potensial.

Pengaruh: Industri pengaruh, jaringan, otoritas, menyebutkan merk, rujukan traffic. Semua tentang kemampuan untuk mempengaruhi atau memberikan kontribusi perubahan pendapat atau perilaku yang didasarkan pada otoritas atau orang lain.

Keterlibatan: Klik, retweets, berbafi, balasan, pesan, komentar, pertumbuhan masyarakat. Interaksi yang terjadi pada media sosial dalam menanggapi audiens yang terlibat dengan Anda pada saluran tertentu.

Konversi atau Tindakan: Opt-in, generasi memimpin, koleksi email, lapangan dan proposal, pengunjung kembali. Apakah strategi Anda beresonansi dengan khalayak media sosial Anda?

Bagaimana Anda akan mengukur laba atas investasi media sosial bekerja ke tujuan bisnis Anda. Tiga hal utama yaitu paparan, pengaruh, dan keterlibatan yang besar untuk melacak kesadaran merk yang menjadi tujuan bisnis Anda. Mencari generasi memimpin? Fokus pada mengikuti metrik konversi dan tindakan.

Kesimpulan

Pemasaran dan tujuan kampanye berbeda dari perusahaan ke perusahaan lain, tetapi ROI dari media sosial akan memberikan pemahaman yang berharga bagi bisnis Anda dengan keputusan saat ini dan masa depan. ROI media sosial yang kompleks untuk mengukur tetapi lihatlah apa tujuan perusahaan Anda dan apakah hal itu bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *