Bisnis-mu Perlu Sosial Media? Simak Penjelasannya!

sosial media

Dalam beberapa tahun terakhir situs media sosial telah mengalami pertumbuhan yang fenomenal karena banyak orang menemukan kesenangan dari jaringan sosial. Sebuah studi dari Nielsen Mei 2009 melaporkan bahwa:

“Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu pada jaringan dan situs blog daripada sebelumnya, dengan jumlah per menitnya meningkat 82 persen tahun ke tahun dan waktu rata-rata per orang meningkat 67 persen tahun ke tahun pada Mei 2009. (Nielsen’s Social Media QuickTake, May 2009)

Situs Jejaring Sosial

Tidak mengherankan jika media sosial tumbuh dengan pesat, mengingat bahwa situs jejaring sosial adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Orang senang untuk chatting, berbagi status, belajar, dan terlibat dengan pengguna lainnya.

Penggunaan web 2.0 media channels seperti Facebook, Twitter, dan YouTube dapat membantu bisnis untuk mencapai berbagai tujuan pemasaran media sosial.

Sebelum memulai kampanye pemasaran bisnis online, terlebih dahulu kita harus menentukan tujuan bisnis apa yang ingin kita capai melalui channels media sosial.

Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis Anda mungkin termasuk dalam salah satu dari beberapa poin berikut ini:

  • Untuk meningkatkan pengenalan merek dan menaikkan profile perusahaan
  • Untuk memperkuat merek melalui exposure di internet
  • Untuk meningkatkan jumlah prospek dan pelanggan yang berlangganan email newsletter Anda
  • Untuk melakukan survei pelanggan tentang pengalaman mereka dengan produk Anda
  • Untuk melakukan penelitian pasar untuk link produk baru
  • Untuk mengumpulkan informasi demografis tentang basis pelanggan Anda

Ini relatif mudah bagi perusahaan untuk bergabung dengan berbagai situs media sosial dan untuk memulai dengan upaya pemasaran mereka. Namun, upaya yang merambah ke pemasaran media sosial harus memiliki rencana ‘action’ yang jelas, terutama jika itu adalah untuk pertama kalinya.

Tips pemasaran media sosial

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk memulai pemasaran di media sosial:

  • Tentukan tujuan dari pemasaran media sosial Anda.
  • Mulai dengan menargetkan hanya beberapa situs media sosial, dan ambil waktu untuk memahami aturan dari engagement atau keterlibatan (baik tertulis maupun tidak tertulis) dari situs-situs tersebut. Ketika bisnis Anda menjadi lebih berpengalaman dalam pemasaran online, pilih beberapa situs media sosial baru untuk menambah kombinasi pemasaran Anda.
  • Tentukan tujuan Anda untuk setiap situs media sosial. Misalnya, bisnis Anda mungkin membuat Fan Page Facebook untuk menampilkan foto-foto produk, dan untuk terhubung dengan pelanggan. Sementara itu, menggunakan Twitter untuk memberikan informasi terbaru dan menawarkan promosi kepada followers Anda.
  • Konsisten berinteraksi di situs media sosial. Sebisa mungkin hindari promosi secara terang-terangan di media sosial. Sebaliknya, cobalah memberikan informasi yang berguna, atau sesuatu yang memiliki nilai hiburan untuk followers Anda. Misalnya, video atau artikel lucu yang bisa membuat pembaca terdorong untuk berbagi dengan orang lain.
  • Kampanye media sosial bukan satu paket dan jangan lupakan promosi. Anda perlu untuk menginvestasikan waktu untuk memantau dan memperbarui kampanye media sosial secara berkala.

Dengan kampanye media sosial yang tepat, bisnis Anda harus segera mendapat manfaat jangka panjang dari kehadiran merek yang kuat secara online dan keterlibatan yang konsisten dengan pelanggan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *