Hai Para Blogger, Kalian Masih Melakukan 9 Kesalahan Ini

woman-on-laptop-2

Hari ini kita akan membahas beberapa kesalahan besar yang masih dilakukan oleh para blogger. Baik secara struktural maupun konseptual. Semakin cepat kamu mengetahui kesalahan ini maka semakin cepat blogger memperbaiki dan menghindarinya.

Jangan khawatir, kami akan membawamu ke ‘jalan yang benar’ agar menjadi blogger yang sukses. Kamu hanya harus memperhatikan beberapa hal di antaranya:

Kesalahan #1: Tidak Mengenali Audiens

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan blogger adalah tidak mengidentifikasi audiens mereka. Banyak yang sudah menemukan topik yang sesuai untuk dituliskan dan konten yang menarik, namun belum bisa terhubung dengan satupun orang. Sebagai seorang blogger kita harus memahami masalah yang dialami visitor kita dan berempati. Rasakan apa yang mereka rasakan dan lihat langsung ke mata mereka. Setelah kamu melakukan hal itu, buat konten postingan yang bisa menyelesaikan masalah dan menjawab petanyaan para audiensmu. Selain menggunakan Google Analytics, kamu bisa mengajukan pertanyaan dengan survey plugin seperti YOP Polls yang sangat bagus untuk mengidentifikasi demografis audiens. Atau kamu bisa menggunakan layanan Surey Monkey. Sudah banyak tools yang bisa memudahkan seluruh pekerjaan kita. Rajinlah mencari tentang hal ini di internet.

Mistake #2: Tidak Memilih Audiens yang Spesifik

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan blogger adalah dengan menjangkau semua jenis segmentasi audiens. Kamu tentu tidak ingin meremehkan kekuatan dari berfokus. Rancang misi yang jelas dan terdefinisi akan membuatmu lebih kuat dan bersemangat dalam mencapai target yang sudah ditentukan. Ketika kamu bergairah dan semangat saat melakukan hal-hal yang kamu sukai maka kamu sedang mempresentasikan karya tulismu.

Kesalahan #3: Terlalu Banyak Topik

Banyak blogger yang ingin menarik banyak audiens, kemudian mereka menuliskan berbagai macam topik dari a-z. Kamu akan berpikir ini adalah ide yang bagus. Padahal faktanya, blogmu justru akan sulit menjalin hubungan dan mendapat kepercayaan dari para pembacamu.

Mistake #4: Tidak Konsisten

Ini adalah salah satu faktor utama dari blog yang tidak sukses, yaitu frekuensi publikasi dan kualitas. Sulit untuk menjaga dua hal itu. Menciptakan konten yang menarik tidak hanya ditulis dalam 5 menit, di mana itu menjadi masalah besar bagi kita yang menginginkan gratifikasi instan. Selalu pastikan kamu membuat konten yang berkualitas dengan rutin, kamu bisa memanfaatkan fitur publishing schedule yang ada dalam platform blogging saat ini. Pastikan kamu menulisnya dengan rutin, tidak hanya sesuai mood. Kamu akan kehilangan pembacamu dengan cepat jika begitu. .

Kesalahan #5: Kurang Berkomitmen

Tidak berkomitmen untuk blogging adalah kesalahan besar lainnya. Kamu harus memiliki rancangan untuk menulis minimal beberapa postingan setiap minggu di enam bulan pertama. Ini bukan seperti sukses yang akan kamu dapatkan dalam semalam. Semua hal dalam kehidupan ini layak untuk diperjuangkan. Kamu pasti bisa!

Kesalahan #6: Kuantitas Lebih Penting Daripada Kualitas

Pembacamu tidak menginginkan kuantitas, tapi KUALITAS! Pengguna internet membutuhkan solusi dari masalah mereka dengan informasi yang mudah didapatkan. Mungkin kamu memang harus meluangkan waktu untuk melakukan penelitian, menulis, dan mengedit agar menjadi blog yang bagus. Tapi sebaiknya kamu bersyukut karena sekarang, melalaui Google, semua informasi bisa kamu dapatkan dengan lebih mudah. Coba untuk membuat konten yang unik dan bermanfaat.

Kesalahan #7: Menulis Untuk Diri Sendiri

Meskipun terdengar menyenangkan jika bisa mencurahkan segala pikiran dan perasaan di blog, tapi hal itu belum tentu bermanfaat bagi audiens, jangan lakukan. Kamu tidak boleh egois dan sebaiknya mengutamakan pembacamu. Mereka menginginkan informasi yang bermanfaat untuk mereka. Jauhi egomu dan tulislah hal-hal yang lebih bermanfaat.

Kesalahan #8: Semua Tentang Kamu

Ingat, audiens tidak akan peduli tentang hal ini kecuali kamu adalah artis. Tulislah blog yang menghibur, bermanfaat, dan menarik. Jangan pernah menuliskan tentang dirimu kecuali konten tersebut bermanfaat, menarik, atau bagus.

Kesalahan #9: Terlalu Banyak Promosi

Jangan hanya membahas tentang produk, jasa, dan perusahaanmu sendiri terus-menerus. Bicarakan tentang hal penting lainnya yang bisa memberikan solusi bagi masalah pembacamu. Kamu harus mampu membangun rasa percaya, dan menunjukkan bahwa kamu peduli. Meskipun tidak semua masalah mereka bisa kamu atasi.

Beberapa kesalahan di atas bisa menjadi refleksi bagi para blogger yang mungkin masih dilakukan. Selalu ingat bahwa sukses itu sebuah pilihan, bukan kesempatan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *