Hindari 7 Kesalahan Dalam Desain Web Ini!

desain web

Desain website sama halnya seperti tata letak sebuah toko fisik. Kita selalu ingin membuat pelanggan agar tertarik dan mudah mengaksesnya, menyenangkan ketika melakukan browsing, tetapi juga bisa efisien bagi mereka yang ingin membeli dan check out dengan cepat. Sayangnya, desainer sering melakukan beberapa kesalahan ketika membuat sebuah desain web untuk perusahaan. Berikut adalah 7 hal yang harus kita hindari dalam desain web.

1. Tidak menggunakan responsive layout

Desain responsif adalah metode untuk memastikan website agar menyesuaikan dengan perangkat berbeda-beda yang digunakan oleh pengguna seperti komputer desktop, tablet, dan smartphone dan perangkat mobile lainnya. Tanpa itu, kita harus memperbarui dan mengelola beberapa template yang berbeda, CSS files, atau situs yang sama sekali berbeda. Responsive layout kan memastikan konsistensi konten dan gambar untuk pengguna terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan.

2. Menggunakan Flash

Apple menghentikan dukungan Flash di semua perangkat mobilenya, dan menggunakannya untuk menjauhkan dari semua pengguna. Mungkin kita bisa memiliki satu situs untuk pengguna Windows desktop yang memiliki Flash, tapi sisanya menggunakan CSS3 dan Javascript, tapi apa fungsinya memiliki kode tambahan? Dengan menggunakan Javascript dan CSS3, kita bisa mendapatkan efek yang sama dan menghindari duplikasi pekerjaan kita.

3. Menggunakan desain yang rumit

Selama sepuluh tahun terakhir, desain web dengan grafis yang mewah, layered art, desain curved atau diagonal, dan pendekatan kreatif lainnya mungkin menjadi favorit banyak orang. Tapi saat ini, orang lebih banyak menggunakan ponsel dan tablet mereka untuk mengakses website. Hal itu berarti memiliki desain website yang sederhana dan konsisten lebih penting daripada desain website yang mewah dan penuh dengan grafis. Desain web yang rumit juga akan membuat sulit untuk mempertahankan konsistensi tampilan website dengan template responsif.

4. Terlalu penuh dengan gambar dan teks

Halaman web yang terlalu penuh sesak dengan gambar/teks, dan tidak memiliki ruang kosong yang akan sulit untuk dibaca dan dinavigasi. Halaman membutuhkan ruang kosong untuk memberikan pembatas, menyegarkan mata pembaca, dan memungkinkan pembaca untuk bisa dengan cepat menangkap poin penting apa yang terdapat pada halaman tersebut. Jadi, selalu perhatikan pemberian ruang kosong untuk setiap halaman.

5. Meniru desain situs lain

Tidak masalah jika kita mengambil inspirasi dari situs lain yang kita kagumi, atau bahkan menggunakan beberapa ide tertentu. Tapi meniru/menyalin semua atau sebagian besar dari layout orang lain adalah bukan ide yang bagus. Masih dalam tahap wajar jika kita mengambil beberapa referensi warna, font, penggunaan grafis, dan navigasi untuk dikombinasikan dengan ide kita. Tapi bukan dengan mengcopy/menyalin desain web orang lain secara langsung. Ini pasti akan menjadi bumerang bagi kita sendiri ketika seseorang mengetahui kita menggunakan desain orang lain untuk web kita sendiri.

6. Tidak memberikan kontras yang cukup

Website yang baik adalah harus mudah dibaca dan dinavigasi, sehingga memberikan kontras sangat penting dalam sebuah website. Hal ini terutama penting memberikan kontras untuk beberapa bagian seperti teks, tombol, dan links. Kontras berarti warna terlihat baik di gelap dan terang (misalnya, black and white lebih baik daripada charcoal and light-gray). Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua warna memiliki pasangan yang cocok. Contoh, orange dengan merah, atau green dengan biru.

7. Melupakan kebutuhan pengguna

Ini kadang-kadang yang sering dilupakan, kita terlalu terpaku dan fokus hanya pada desain tetapi tidak memperhatikan siapa target pengunjung kita, dan apa kebutuhan mereka. Apakah untuk usia menengah keatas atau kebawah? Apakah laki-laki atau perempuan? Atau untuk semua kalangan? Misalnya, orang tua mungkin lebih senang dengan situs yang sederhana, mudah dibaca (font jelas), dan navigasi yang mudah.

Kita harus memperhatikan preferensi dari semua pengunjung website ketika membuat desain, Tujuannya adalah untuk membuat pengalaman yang menyenangkan untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *