Optimalkan Landing Page dengan 5 Poin Ini

landing-page

Landing page dalam website merupakan hal pertama yang bisa kamu gunakan untuk terhubung dengan setiap klien potensial, apakah itu diakses melalui laptop, tablet, atau perangkat mobile mereka. Apalagi kita sekarang berada di jaman informasi yang serba pesat, tak ada lagi ruang untuk bersabar dalam berselancar online.

Hal itu berarti kamu hanya memiliki beberapa detik untuk menampilkan semua yang mereka butuhkan sebelum visitormu menemukan alasan untuk beralih ke situs lain. Jadi bagaimana kamu mengoptimalkan peluang ini? Berikut ini ada lima hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat landing page-mu menjadi mesin marketing dengan mengubah visitor menjadi pelanggan setia.

  1. Curi perhatian visitor

10098727f089d6812868e21c3280592363e7b4f35953faba-original

Design by Nicholas Sheriff

Setiap orang yang mengalami kebiasaan membaca koran atau melihat tabloid supermarket pasti memahami value dari judul headline yang kuat. Faktanya, headline bisa jadi salah satu elemen terpenting dari copywriting dalam situsmu. Jadi maksimalkan strategi ini. Seorang pebisnis online yang baik akan memberitahukan visitor mereka tentang apa yang kamu jual, dan terutama apa yang bisa kamu lakukan untuk mereka, hanya dalam kalimat yang singkat. Buat copy yang singkat dan padat. Dan pastikan bahwa kalimat yang kamu pilih menyoroti kelebihan utama dari produk bisnismu, apakah itu kecepatak, konektivitas, kecanggihan, atau customer care. Header yang baik akan membuat visitor penasaran, tertarik, dan membuat mereka ingin mengetahui lebih banyak tentangmu dan bisnismu.

  1. Tetap simpel

243439614e6fd292776ee758c5e0cdc1152af0c9f19c45d6-original

Design by j u s t e

Landing page yang berantakan merupakan sebuah musuh besar. Sebuah website yang baik memiliki desain yang eye-catching, navigasi mudah, dan jelas. Ingat, kamu tidak sedang mendesain video game atau billboard digital. Menggunakan Flash tak masalah, tapi harus selalu diingat bahwa desainnya harus cukup jelas untuk membuat visitor fokus pada hal yang kamu ingin mereka lihat seperti: logo, headline, dsb. Slider dan button harus ditempatkan di area yang mudah ditemukan, pilih font yang nyaman dibaca dan bucket copy harus jelas dan to the point. Poin-poin juga sebaiknya dirancang dengan user-friendly. Jika landing pagemu dirancang dengan baik, akan ada saatnya untuk membuat visitormu terpana dan merasa sedang membuka situs yang tepat.

  1. Permudah pemberian respon

193161225b6b3cf06ba7f7064fc48e70710f314c55f762bb-original

Design by T0RCH

Jika ada aksi yang kamu ingin visitor lakukan dalam situsmu, pastikan kamu membuat mereka tahu akan hal ini, dan tentunya harus dibuat dengan mudah. Kontes dan giveaway, contohnya, sebaiknya dibuat mudah untuk mereka berpartisipasi. Informasi kontak yang dicantumkan, apakah email atau nomor telepon atau apapun, buat agar terlihat menonjol. Biasanya, jika visitor merasa kesulitan mencari-cari tombol aksi, mereka tak akan ragu untuk segera menutup situsmu. Pastikan juga kamu hadir dalam platform social media yang paling banyak digunakan visitor maupun calon market, minimal Facebook dan Twitter untuk memudahkan mereka menjangkaumu.

  1. Sebuah dunia tentang pencarian

249670950e17ae108b1c8855b070de22e502f6871f9e0b84-original

Design by Razi K

Mesin pencari akhir-akhir ini telah menjadi sangat popular dan semakin canggih, di mana itu merupakan sebuah berita baik. Kamu bisa memiliki memilih kata-kata elegan yang mampu menonjolkan kelebihan perusahaan dan meningkatkan ranking pencarian akan websitemu. Langkah pertama adalah dengan mengetahui istilah pencarian yang diinginkan, kemudian keyword di header copy bisa mendukungnya jika masih belum berhasil. Text copy harus termasuk dalam keyword utama yang ingin dilihat dalam mesin pencarian. Meskipun mesin bot tidak bisa melihat flow dan konteks, tapi visitormu bisa melakukannya. Jadi kamu harus membuat landing page yang bisa meningkatkan minat, menambah rasa penasaran dan mendorong visitor untuk menjadi pelanggan.

  1. Jangan lupakan pengguna mobile

179169047bd2b776ca055a37e338756d93c635f8ef2498be-original

Design by zigotone

Dengan banyaknya visitor yang membuka websitemu melalui tablet atau smartphone, kamu tentu ingin memastikan bahwa landing pagemu tetap menarik dan mudah dinavigasikan di layar kecil layaknya saat mereka membukanya melalui laptop. Hal ini berarti, elemen-elemen yang terpenting seperti logo, header, bullet copy, dan CTA (tombol aksi) harus mudah dilihat melalui berbagai smartphone yang ada.  Tak ada salahnya untuk menambahkan CTA atau tombol bantuan khusus untuk pengguna mobile.

Dengan menerapkan beberapa hal di atas, kamu pasti akan bisa membuat tampilan landing page-mu nampak lebih istimewa bagi visitor.

Ikuti terus artikel terupdate tentang website, hosting, domain, dll hanya di www.idwebhost.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *