Pilihan Kosa Kata untuk Konten yang Nikmat Dibaca

blog-1

Menjadi penulis yang baik dengan kata-kata indah dan membahas isu hangat saja terkadang belum cukup untuk memastikan bahwa konten yang kamu sajikan menarik untuk dibaca.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan kalau pembacamu negitu melihat konten yang kamu tulis tidak langsung lantas pergi dan mencari konten lain. Kamu bisa yakinkan mereka melalui judul. Judul yang menarik akan sangat menjanjikan mereka bahwa isinya juga pasti menarik.

Langkah selanjutnya adalah mempermak konten. Langkah ini selalu bisa kamu mulai dengan menyeleksi diksi yang akan kamu pakai. Usahakan menggunakan diksi deskriptif yang secara kuat bisa membantu kamu menghidupkan isu yang kamu tuliskan. Sebab jika judulnya saja sudah menjanjikan, maka tantangan selanjutnya adalah menyajikan isi yang sama bagusnya. Karena pada intinya adalah pembaca akan sulit mengenali tulisanmu, apalagi mengingatnya kalau saja tulisanmu itu biasa saja.

Berikut tips menarik yang bisa kamu gunakan untuk mempermak tulisanmu :

  • WIIFM (What’s In It For Me?). Gunakan kata, “kamu” di setiap tulisanmu. Hal ini bertujuan untuk membentuk ikatan dan kesan interaksi seperti kamu berbicara langsung dengan pembacamu. Hal ini penting untuk membuat setiap orangnya merasa spesial dan dikhususkan, sehingga akan berimbas pada kesan mereka terhadapmu. Kesan yang baik akan lebih mendorong mereka untuk membaca.
  • Gunakan nama orang lain. Intinya adalah kamu mencoba untuk membangun tulisan dengan emosional yang baik di dalamnya. Menggunakan salah satu nama dari daftar nama temanmu bisa menjadi salah satu langkah mencoba. Apalagi ketika yang bersangkutan membacanya, pasti sudah merasa terhubung, karena nama miliknya kamu masukkan ke dalam rekam tulisan.
  • Gunakan kata “karena” dan mengikutinya dengan penjelasan. Langkah ini bertujuan membangun kredibilitas dan kepercayaan pembaca padamu. Ketika kamu mengangkat suatu bahasan, dan menjabarkan penjelasan mengenai hal tersebut dalam versimu, permbaca setidaknya mengetahui bawha kamu paham dan mengerti tentang apa yang kamu tuliskan.
  • Gunakan kata “jika”: Jika adalah kata yang efektif karena menunjukkan kemungkinan untuk sesuatu yang lebih baik.
  • Gunakan kata “bagaimana”. Langkah ini seperti memberikan lampu arahan kepada pembacamu. Jika sejak awal kamu sudah menjabarkan topic dan hal-hal yang berkaitan, maka dengan langkah ini kamu menjelaskan bagaimana dan apa saja langkahnya untuk kemudian dapat mencapai ke titik yang kamu bahas tersebut.
  • Gunakan kata “mudah”. Semua orang menyukai kemudahan, menempatkan kata mudah tersebut di tulisanmu akan membantu mereka berpikir positif dan memberikan respon yang lebih baik kepadamu.

Kesimpulan

Pastikan kamu bisa membangun emosi yang baik dengan pembacamu, salah satunya adalah melalui pemilihan diksi yang tepat. Jangan lupa pula untuk selalu memeriksa ejaan yang kamu tuliskan, jangan sampai terjadi banyak kesalahan tulisan. Hal itu akan menurunkan kepercayaan pembaca.

Baca Terkait: 5 Alasan Mengapa Bisnis Saat Ini Harus Fokus Pada Video Content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *