SEO: 5 Cara Terbaik Melihat Traffic Web Kompetitor

817030.TIF

Tujuan utama dari SEO (search engine optimization) adalah untuk menjadi lebh unggul daripada kompetitormu, dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google.  Layaknya berperang, jika kamu ingin memenangkan pertarungan, kamu harus mengetahui apa saja strategi merek.

Untungnya, Google dan mesin pencari lainnya membuatmu jauh lebih mudah  memonitor strategi traffic website dengan menggunakan berbagai tools.

Mengidentifikasi Kompetitor

Sebelum, kenali dulu musuhmu. Kamu tidak akan bisa mengalahkan kompetitor jika kamu tidak benar-benar memahami siapa mereka, apa misi mereka, dan bagaimana cara mereka mengeksekusi ide tersebut. Bisa saja ternyata kompetitormu tidak seperti yang kamu pikirkan. Hanya karena perusahaan mereka kecil, bukan berarti mereka bukan ancaman bagi bisnismu.  Luangkan waktu untuk mencari tahu perusahaan mana saja yang menjadi kompetitormu dengan mengecek top keywordmu dalam mesin pencari. Sepuluh hingga 20 perusahaan pertama yang muncul bisa menjadi ancaman bagi bisnismu, dan daftar itulah yang akan kamu analisis dan cari tahu strateginya.

Mempelajari Website Mereka

Berikutnya, pastikan kamu memiliki website yang terbaik. Kamu bisa menyaingi performa kompetitor  dan mendapatkan ide baru untuk websitemu dengan melakukan analisis pada website kompetitor. Kamu bisa melihat dengan detail home page mereka, user interface, konten, performa, hingga kecepatan loading. Jika situs mereka memiliki ranking yang lebih tinggi dengan keyword yang sama, mereka sangat baik dalam semua kategori, di mana hal itu berarti websitemu bukanlah yang terbaik. Coba identifikasi fitur-fitur positif mereka yang tidak kamu miliki kemudian terapkan dalam perencanaan marketing milikmu.

Cari Tahu Halaman Media Sosial Mereka

Cara lainnya untuk memonitor strategi traffic website kompetitor adalah melalui jejaring media sosial. Di sana kamu bisa dengan mudah menggunakan tools-tools gratis yang tersedia untuk melihat bagaimana persaingan yang terjadi terkait engagement di media sosial.  Setelah kamu menuliskan daftar nama-nama kompetitor, tuliskan akun media sosial perusahaan mereka, dan analisis bagaimana cara mereka melakukan branding dan konten. Mulai dari Facebook, jejaring sosial terbesar dari semua platform media sosial, kemudian Twitter, LinkedIn, dll. Jumlah like, share, dan user engagement, kamu bisa mengetahui konten apa yang ampuh dan di mana kamu bisa meningkatkan strategimu. Gunakan tools analisis yang bisa mengumpulkan data tentang dampak halaman media sosial pada konsumen. Seperti Klout, tools gratis yang digunakan untuk menentukan ranking berdasarkan pengaruh akun Twitter tertentu bagi followersnya. Tools ini sangat bermanfaat untuk membantumu mengetahui pengaruh sosial dari rival.

Analisis Traffic Web

Mengapa orang lain lebih menyukai website kompetitor dibanding milikmu? Mungkin ini bukan soal websitemu, tapi audiens itu sendiri.

Cari tahu berapa banyak traffic yang diterima kompetitor dan apa saja yang mereka lakukan untuk membuat hal itu terjadi. Ada banyak tools, yang bisa memberikanmu data yang komprehensif mengenai komponen traffic suatu website tertentu dan melakukan perbandingan. Lihat bagian mana saja yang bermanfaat dan mana yang sebaiknya tidak kamu gunakan. Hal ini bisa digunakan untuk memperbaiki strategimu.  Pilih tools analytics yang paling akurat dan berkualitas seperti SimilarWeb dan Orbit Media. Dengan menganalisis data, kamu bisa belajar banyak tentang perubahan yang harus kamu lakukan pada strategi marketing.

Subscribe ke Newsletter Kompetitor

Finally, dengarkan percakapan online kompetitor. Monitor konten apa saja yang mereka bagikan di jejaring sosial, dan daftarkan dirimu ke newsletter dan email marketing mereka. Gunakan email private untuk mengorek informasi lebih dalam.

Dengan begitu kamu akan mengetahui topik-topik yang digemari target audiens. Kamu juga akan dengan mudah mengetahui setiap strategi atau development baru yang dilakukan perusahaan itu.

Penting untuk memonitor traffic website kompetitor, namun kamu juga harus mempertimbangkan aspek digital marketing juga. Jika kamu benar-benar ingin tahu cara agar bisa berkompetisi di pasar online, salah satu langkah yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan strategimu untuk bisa melebihi prestasi kompetitor. Tips SEO di atas bisa mulai kamu coba sekarang juga! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *